Senin, 30 Januari 2023

KIAT MENULIS CERITA FIKSI

NARA SUMBER : SUDOMO, S.Pt

MODERATOR : BAMBANG PURWANTO, S.Kom.Gr.

HARI / TANGGAL : SENIN / 30 Januari 2023



KIAT MENULIS CERITA FIKSI

Assalamualaikum w.w.


Saat menoleh ke dinding kamar ku melihat jarum jam menunjukan angka 07.00 malam, segera ku ambil tas dan membuka chromebook ku, untuk bersiap-siap mengikuti pelatihan menulis pada group KBMN, malam ini adalah malam yang ke 10 dengan narasumber bapak Sudomo,S. Pt dengan materi yang berjudul Kiat Menulis Cerita Fiksi. Kalau dalam kurikulum kita memakai kurikulum merdeka nah malam ini dalam penulisan cerita fiksi juga menggunakan alur MERDEKA, yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, dan Aksi Nyata.

  1.  Mulai dari Diri. 

Banyak yang menceritakan pengalaman dalam menulis fiksi, mengirim cerita fiksi, mengirimkan cerita singkat terkait pengalaman. Bisa pengalaman mengalami kendala memulai menulis cerita fiksi. Bisa juga tantangan yang dihadapi saat menulis cerita fiksi. Bisa juga  pengalaman telah menerbitkan buku fiksi. dengan memulai dari kita saling berbagi pengalaman dan mengetahui pengalaman teman-teman yang lain. sepenggal cerita dari cerita fiksi yang aku pernah coba buat.


“Kenalkan aku Boy” ujarnya sambil menyodorkan tangannya ke hadapan ku, aku kaget dan dengan santai menjawab aku Ami. seperti gayaku memang cuek, kadang kalau sama orang-orang baru aku gak begitu bersahabat. sikapku memang sedikit dingin tapi kalau sudah akrab jangan ditanya lagi nempel terus kayak perangko, makanya Arma gak mau lepas dari ku. selesai mengerjakan tugas aku tutup buku, dan kulihat Arma lagi asyiknya berbincang dengan kenalan barunya  yang bernama Boy, aku berdiri dan pamit “Arma aku duluan ya ke kantin, aku lapar” ujarku sambil berlalu, “tunggu bentar Ami” jawab Arma” aku menoleh kebelakang “ntar kalau sudah siap aku tunggu di kantin ya”. 


Seperti yang diutarakan Mazmo syarat pertama agar bisa menulis fiksi adalah komitmen dan niat kuat untuk menulis. komitmen dan niat ini erat kaitannya sama upaya mempelajari dan menyelesaikan tulisan yang telah dimulai. mulai dari niat untuk menulis, yaitu motivasi diri untuk memulai dan menyelesaikan tulisan. 



  1. Eksplorasi Konsep

Pada alur ini, ada beberapa poin penting yang mungkin baru kita kenal

  1. Fiksimini, yaitu fiksi singkat yang hanya terdiri dari beberapa kata saja. Berikut adalah contoh fiksimini yang terkenal For sale: baby shoes, never worn.

  2. Ernest Hemingway. Jika diperhatikan, secuil kalimat itu memiliki maknanya luas dan dalam.

  3. flash fiction, yaitu cerita kilat dengan kekhususan jumlah kata. Biasanya mengandung plot twist.

  4. Selanjutnya adalah terkait unsur pembangun cerita fiksi yang perlu ditambahkan adalah premis. Premis adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat. Contoh premis: Seorang anak yang berjuang melawan penyihir jahat demi kedamaian dunia. Itu adalah premis dari novel Harry Potter. Kekuatan premis adalah mampu menggambarkan novel yang tebal hanya dalam satu kalimat saja. Premis mengandung unsur, yaitu tokoh, tantangan, tujuan tokoh, dan resolusi.

Alasan penulisan cerita fiksi  yaitu sebagai upaya menyembuhkan dan menyembunyikan diri dan sebagai jalan mengeksplorasi dan menemukan passion dalam menulis. selain itu menulis fiksi juga harus memiliki kemauan dan kemampuan melakukan riset, Meskipun metodenya beda sama tulisan nonfiksi, tapi dengan kemauan dan kemampuan riset, penulis dapat dengan mudah menulis cerita. Misalnya, terkait setting tempat. Kalau kita riset melalui literatur atau lapangan, kita akan bisa menulis tempat dengan detail. 

Syarat agar bisa menulis fiksi, yaitu membaca karya fiksi orang lain untuk memperoleh gambaran tentang teknik kepenulisan, gaya bahasa, dan menambah kosa kata. Lebih jauh diskusi juga membahas hal lainnya, yaitu menguasai PUEBI dan KBBI, menjaga konsistensi menulis, dan memahami dasar-dasar menulis fiksi. Bentuk-bentuk cerita fiksi meliputi cerpen, novelet, dan novel, adalagi bentuk lainnya yaitu  fiksimini, flash fiction, dan pentigraf


unsur-unsur pembangun cerita fiksi yaitu, tema, alur/plot, penokohan, latar/setting, permis dan sudut pandang. Premis itu adalah ringkasan cerita dalam satu kalimat. Premis ini akan memudahkan dalam mengembangkan cerita. Unsur premis, yaitu karakter, tujuan tokoh, rintangan/tantangan, dan resolusi." "Contoh premis yaitu seorang penyihir cilik yang harus berjuang menaklukkan penyihir jahat demi ketenangan dunia. seperti cerita "Harry Potter!"


Terkait dengan ide yang bisa ditemukan melalui imajinasi dan mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Sedangkan terkait genre cerita, maka pilihlah genre  yang disukai dan dikuasai. karena dengan kita menyukai maka kita akan senang mengerjakannya ditambah lagi kita kuasai maka ceritanya akan mengalir saja seperti air hujan yang turun.


3. Ruang Kolaborasi. 

Ruang dimana kita berkolaborasi dalam membuat sebuah cerita fiksi, tempat yang menyediakan berbagai makna dalam pembuatan cerita fiksi. berikut sepenggal contoh cerita fiksi mari kita sambung  


Perlahan suara-suara itu menghilang. Dalam gulita aku menggigil sendirian. Mendadak bulu kudukku meremang. Terdengar suara di kejauhan. Semakin lama kian mendekat. kepala ku menoleh kekiri, ada pepohonan besar, tanpa menunggu aba-aba lagi aku meluncur untuk sembunyi ke belakang pohon tersebut, sambil memastikan apakah suara yang semangkin dekat itu suara penduduk atau suara penjahat.


ku stel mata dan telinga untuk memperhatikan dengan jelas, terlihat banyak orang yang juga sedang memanggil nama seseorang, rupanya mereka juga sedang mencari seseorang yang hilang di hutan ini sama di tempatku berada. akhirnya aku merasa lega dan perlahan keluar dari persembunyianku.


4. Demonstrasi Kontekstual

Sejenak ku termenung dengan permintaan Mazmo untuk membuat beberapa judul cerita fiksi, pikiran saya melayang-layang mencari imajinasi kesana kemari, bibir saya tersenyum mengingat judul yang akan saya buat, kembali saya melihat layar dan membiarkan jari jemari saya menari diatas keyboard, dimulai dari yang pertama tema yang melintas dipikiran saya saat itu, Ketika LDR itu datang, Gerimis yang tak henti, ternyata membuat tema cerita fiksi itu tidaklah mudah, aku menyandarkan punggungku ke sandaran kursi, sambil menghela nafas, muncul lagi ide gimana kalau tema yang ketiga tujuh hari sebelum kau pergi, kosong, Lorong pengharapan. tak sedar saat mata ku membaca kembali tulisanku lima tema sudah aku tuliskan.



5 | Elaborasi Pemahaman.

Bagaiman kita mengembangkan ide, gagasan dan sebelum membuat cerita fiksi baiknya kita buat otline, Kerangka disusun berdasarkan unsur-unsur pembangun cerita fiksi, sehingga cerita kita fokus dan terarah.

- Menentukan tema agar pembaca mengerti lingkup cerita fiksi kita

- Membuat premis sesuai tema

- Menentukan uraian alur/plot berdasarkan unsur-unsurnya

- Menentukan penokohan kuat berdasarkan jenis dan teknik penggambaran watak tokoh dengan baik

- Menentukan latar/setting dengan menunjukkan sisi eksotis dan detail

- Memilih sudut pandang penceritaan yang unik


 6. Aksi Nyata

selesai kita membuat cerpen jangan dipendam saja dalam sebuah kertas-kertas putih yang sudah diujami beribu kalimat, akan tetapi cobalah untuk dibagikan melalui media sosial, blog yang kita miliki atau yang lainnya, sehingga cerpen yang sudah kita buat bisa dinikmati banyak orang.


Bagian menulis ini meliputi, membuka cerita dengan baik (dialog, kutipan, kata unik, konflik), melakukan pengenalan tokoh dan latar dengan baik dengan cara memaparkan secara jelas kepada pembaca, menguatkan sisi konflik internal dan eksternal tokoh, menggunakan pertimbangan logis agar tidak cacat logika dan memperkuat imajinasi, memilih susunan kalimat yang pendek dan jelas, memperkuat tulisan dengan pemilihan kata (diksi), dan membuat ending yang baik. 


Selesai aku membuat resume sambil memahami apa isi dari resume, aku tersenyum manis dan bergumam dalam hati, jika ada kemauan untuk memulai dan menyelesaikan cerita yang sudah ditulis. maka menulis cerita fiksi itu akan terasa sangat mudah. api semangat menulis fiksi mulai mengalir ke seluruh tubuh ku, aku harus semangat untuk membuat cerita fiksi dan teman-teman juga ya. 


11 komentar:

Popular Posts