Minggu, 29 Januari 2023

Memahami Material pada objek sederhana 3D

 Material ini atau biasa disebut dengan shader ataupun texture ini sangat berfungsi dan berpengaruh pada ojek 3D yaiotu dalam membentuk objek terlihat nyata terutama pada kulit atau permukaannnya.

Textures adalah suatu permukaan pada benda objek baik itu batu, kayu, kain, karet dll.


Berikut yang ada di menu edit texture:

1. Menu Texture, digunakan untuk menampilkan parameter dari texture.

2. Daftar Texture, menampilkan texture yang ada pada sebuah objek.

3. Nama Texture, digunakan untuk memberi nama texture.

4. Type Texture, digunakan untuk menentukan jenis texture.

5. Preview Texture, digunakan untuk menampilkan settingan texture.

6. Color, digunakan untuk mengatur warna texture.

7. Mapping, digunakan untuk mengatur posisi texture.

8. Image texture, digunakan untuk mengatur gambar texture.


Material pada dasarnya adalah shader atau karakteristik permukaan objek. baik objek itu licin, kasar, trasparan, kesat, dan seterusnya.

yang ada di menu material:


1. Menu material, digunakan untuk menampilkan parameter material.

2. Daftar material, berisi material yang ada dalam sebuah objek.

3. Nama material, digunakan untuk merubah nama material.

4. Type material, digunakan untuk menentukan jenis material.

5. Preview, digunakan untuk melihat tampilan material.

6. Diffuse, digunakan untuk menentukan warna objek.

7. Specular, digunakan untuk mengatur pantulan cahaya pada objek.

8. Shading, digunakan untuk mengatur interaksi material dengan cahaya.


Cara Menambahkan texture dan material pada objek

1 pada view kita rubah dulu  menjadi view perserp.


2. Masuk ke Edit Mode, dengan cara menekan tombol tab masuk kemenu material sebelah kiri. Kita klik new, buat nama, contoh lemari TV, enter. Selanjutnya kita klik assign.




3. kita beralih ke menu Texture,  pilih New, pada type, pilih image for movie, scrool ke bawah pada coordinates kita pilih UV.  Kita klik open untuk menambahkan textur yang ada pada komputer kita dengan mengklik open.

4. Pilihlah pada komputer atau penyimpanan perangkat anda texture yang sudah di sediakan.


5. sehingga tampil texturenya. 



6. Menambahkan material pada bagian depan dan belakang, untuk menseleksi bagian depan pastikan selek modenya face.  Kita select, klik kanan, tekan shift. Sehingga terseleksi semua dan lakukan hal yang sama untuk di belakang.



7. lakukan unwrap dengan menekan tombol U, dan pilih projek from view.



32 komentar:

  1. Yang buka link silahkan tulis nama

    BalasHapus
  2. Ais Sintya Airin Winata menggunakan akun nasrah

    BalasHapus

Popular Posts