Rabu, 08 Februari 2023

PUBLISH APK DARI ADOBE FLASH CS6

Assalamualaikum, dan smangat belajar buat penerus bangsa.

Sebelumnya kita sudah banyak mengenal bagaimana membuat media interaktif di Adobe Flash CS 6, dengan tombol-tombol yang saling link dengan fungsinya masing-masing, lalu bagai mana media interaktif ini bisa kita gunakan atau kita buka pada android kita. Nah para pejuang bangsa, yuk ikuti caranya disini.

  1. Pastikan kita sudah masuk pada alaman adobe Flash CS6, dengan projek kita media interaktif.

  2. Pilih File > publish setting


  1. Jika sudah dipilih pengaturan publish, silahkan atur AIR 3.2 nya

  1. Pilih AIR 3.2 for android pada kolom Target, lalu sebelah kanan nya kita pilih player setting, seperti tanda kunci. 


  1.  Akan muncul beberapa tab seperti  General, Deployment, icons, Permission, Langguage, semua menu yang ada disini harus kita lakukan pengaturan.

  2. General, pada genmeral ini silahkan isikan file yang akan ditampilkan dan nama aplikasinya. Misalnya Output file itu berfungsi untuk menampilkan dimana file apk nya nanti akan ditampilkan. 

  1. Setelah Geberal kita atur lagi Deploymentnya, disini kita perlu membuat certificate untuk publish apk, klik pada tombol create. 

  1. Silahkan isi data yang tertera pada tampilan create self-signed certifikate, isikan semua data yang kosong dengan nama yang kita rasa sesuai untuk kolomnya, isikan password anda, isikan masa berlakunya misal 25 tahun. Pada tombol save as, silahkan klik browse dan save sertificate dimana kita mudah menemukannya, dan akan muncul message self signed certificate has been created lalu klik pada tombol OK.

  2. Pilih tab icon, gunakan gambar ukuran 72x72 pixel, gambar ini nantinya digunakan sebagai gambar pada aplikasi yang kita buat.

  1. Lanjut kita kemenu permission, silahkan atur dan centang tiga baris pertama.

  1. Pada tab language kita atur bahasa yang akan digunakan, silahkan pilih bahasa inggris.

  1. Kita kembali lagi ke tab deployment, di ruangan password kita kembali masukan pasword yang kita buat tadi, dan pilih device release, dan pada AIR runtime pilih embed AIR Runtime dan pilih tombol publish

  2. Dan silahklan lihat hasilnya, apk yang anda buat sudah ada pada tampilan ditempat anda menyimpan. 

  3. Nah ananda itulah cara membuat apk pada adobe flash CS 6. Mari sama-sama belajar, salam satu semangat. Lihat juga karya yang lain di blog ini ya, https://bumidihantaranpelangi.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts