Senin, 16 Januari 2023

MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

NARA SUMBER     : EKO DARYONO, S.Pd

MODERATOR     : NUR DWI YANTI, S.Pd

HARI / TANGGAL    : SENIN / 16 Januari 2023 


MENULIS BUKU DARI KARYA ILMIAH

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi semuanya sahabat menulis, sahabat yang dipertemukan dalam sebuah group yang sangat mengantusias bagi saya, pagi ini saya mengajar sangat penuh, full dari pagi sampai jam 15.45, saya mengajar di SMKN 1 Guguk dalam mapel Multimedia. selama ini virus yang saya kenal semua berbahaya kecuali virus yang di tularkan lewat pelatihan KBMN, virus ini sangat merasuki jiwa saya untuk menarikan jemari-jemari saya disela kesibukan mengajar saya. waktu istirahat saya manfaatkan untuk menulis resume yang disampaikan oleh bapak Eko Daryono, S.Pd pada hari Senin pukul 19.00 WIB dengan moderator ibuk Nur Dwi Ynati, S.Pd.

Menulis Buku dari Karya Ilmiah adalah judul materi yang dibahas pak Eko, kata-kata nya sudah tidak asing lagi bagi kita kalau menyangkut Karya Ilmiah yang teringat bagaimana kita bisa menyelesaikan karya ilmiah untuk naik pangkat bagi kita guru. ada teman-teman guru kita yang lama naik pangkatnya karna bermasalah dengan karya ilmiahnya. seolah-olah ini seperti hantu yang menakut-nakuti para guru untuk naik pangkat, termasuk saya sendiri, karna merasa malas untuk memulainya. jadi karna rasa malas itulah yang membuat kita tidak pernah bisa menyelesaikan karya ilmiah kita.

Besar harapan saya setelah materi pak Eko ini saya akan semangat membuat karya ilmiah bahkan menjadikannya sebuah buku, karena saya sangat tertarik dengan ini dan sangat memberikan motivasi pada saya. dan saya juga ingin menyebarkan virus ini pada teman-teman saya.

Dalam materi pak Eko beliau mengatakan KTI dalam Peraturan Kepala LIPI Nomor 2, Tahun 2014 tulisan hasil litbang dan/atau tinjauan, ulasan (review), kajian, dan pemikiran sistematis yang dituangkan oleh perseorangan atau kelompok yang memenuhi kaidah ilmiah

Apa sajakah yang termasuk KTI ?

Secara umum KTI ada dua yaitu KTI Non Buku dan KTI Buku

KTI Nonbuku antara lain :

KTI bidang akademis untuk mendapatkan gelar : tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi

KTI hasil penelitian : PTK, PTS, best practice, makalah, artikel, jurnal

KTI berupa ulasan atau resensi

KTI Buku :

Buku Bahan Ajar : diktat, modul, buku ajar, buku referensi

Buku Pengayaan : monografi, buku teks, buku pegangan, buku panduan

Buku kompilasi : bunga rampai, prosiding


ternyata ada banyak karya ilmiah yang bisa kita buat,

Memodifikasi Judul

Pada umumnya Karya Tulis Ilmiah mengandung variable penelitian, objek penelitian, tempat dan waktu penelitian tetapi pada judul buku harus dibuat semenarik mungkin sehingga ada daya tarik pembeli sehingga bisa menjadikan daya jual tinggi.


Memodifikasi Sistematika dan Gaya Penulisan

Karya tulis ilmiah yang merupakan hasil penelitian umumnya ditulis dengan bahasa yang baku. Ini harus kita modif agar supaya pembaca buku kita nantinya bisa paham apa yang dimaksud. Berbeda dengan menulis di KTI yang hanya di baca oleh orang kalangan tertentu saja. Sedangkan untuk buku kita harus menyesuaikan dengan pangsa pasar buku yang kita buat.



Modifikasi Bab I

Pada buku bab atau bagian pertamanya juga menggunakan pendahuluan, sedangkan pada karya tulis juga ada pendahuluannya. Ini bisa kita pertahankan tetapi isi dari pendahuluan harus sedikit dirubah. Buatlah kata-kata pendahuluan menjadi semenarik mungkin, hubungkan fenomena yang ada dengan tema yang akan kita tulis. Pembaca pertama kali akan membuka halaman pendahuluan, apabila menarik, dia akan meneruskan untuk membaca buku kita.


Modifikasi Bab II

Pada karya ilmiah BAB II adalah kajian teoritis. Dalam kajian ini bisa dimasukkan semuanya, namun buatlah menjadi sub-sub bab. Selain itu yang harus diperhatikan adalah dalam tata cara penulisannya. Kurangi kutipan langsung.


Modifikasi Bab III

BAB 3 pada Karya tulis Ilmiah adalah metode penelitian, teknik pengumpulan data. Sebenarnya teknik ini bisa dihilangkan pada buku, akan tetapi juga bisa di masukkan. Ini tergantung pada buku yang akan kita buat. Bahkan terkadang untuk bab 3 ini bisa digabungkan dengan bab 2


Modifikasi Bab IV

BAB IV pada KTI adalah hasil penelitian, seharusnya Bab ini adalah inti dari isi buku kita. Namun perlu modifikasi sehingga tidak kelihatan bahwa ini adalah hasil penelitian. Dengan mengubah kata-kata formal menjadi kata-kata non formal. Apabila di perlukan kita juga bisa memasukkan photo tetapi bukan sebagai konteks utama namun sebagai media pendukung saja.


Modifikasi Bab V

BAB V pada Karya Tulis Ilmiah adalah penutup. Ini bisa dipertahankan. Seperti biasanya isi dari penutup adalah kesimpulan, rekomendasi bisa ditambahkan temuan yang terkait dengan hasil penelitian pada Karya Tulis Ilmiah tersebut.


Modifikasi Lampiran

Lampiran yang disertakan hanyalah instrumen penelitian atau data matang yang mendukung, bukan data-data mentah. Sebenarnya lampiran ini bisa dihilangkan apabila memang tidak diperlukan.



Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat mengkonversi KTI menjadi buku

  1. Keaslian laporan hasil penelitian. 

Sebaiknya KTI yang akan di konversikan menjadi buku adalah karya penulis sendiri. Menjiplak punya sangat tidak dibenarkan karena termasuk tindak pidana.

  1. Hindari kompilasi yang terlalu banyak.

  1. Pilah dan Pilih data yang dipublikasikan. 

  1. Modifikasi bahasa buku.

  2. Hindari pengambilan sumber kutipan berantai

  3. Wajib menuliskan semua daftar Pustaka yang dipakai sebagai rujukan dalam buku untuk mendukung keabsahan buku.

  4. Perhatikan kaidah penyusunan buku ber-ISBN khususnya jika akan dinilaikan untuk KP sesuai Buku 4 PKB


untuk pertemuan kali ini itulah resume yang dapat saya tuliskan, semoga kedepannya saya bisa jadi lebih baik lagi seperti mentor-mentor kita yang hebat. salam semangat selalu buat semua teman-teman penulis.

13 komentar:

Popular Posts