Kamis, 26 Januari 2023

Blogger Yang Di Kenal Google

NARA SUMBER : Drs. DEDI DWITAGAMA, M.Si

MODERATOR : SIGID PN, SH

HARI / TANGGAL : RABU/ 25 Januari 2023



BLOGGER YANG DIKENAL GOOGLE
Assalamualikum wb. wb

Pertanyaan yang sangat menantang  yang diutarakan pada kita yaitu apakah nama kita ada di google. sekian banyak kosa kata di google sampai tak terhitung oleh kita namun di dalam keramaian kata-kata itu adakah terselip nama kita, ataukah kita benar-benar tidak terkenal hingga google pun tak mengenal kita.

Terus bagai mana caranya agar google mengenal kita? meskipun kita menulis banyak kalau cuma disimpan di diari ya sama saja orang-orang tidak akan membaca tulisan kita. maka cobalah dari sekarang menulis di sebuah blog, apapun tulisan yang kita publish kan di blog, apakah puisi, novel, cerpen, atau materi pembelajaran silahkan kita share di blog, sehingga apapun tulisan kita bisa dikenal dunia bahkan sipaman google bisa mengenal kita.

Apalagi sekarang sudah zaman digital, zaman serba cepat, serba simple dan gak ribet, gak lagi baca tulisan di koran, majalah, akan tetapi semua sudah bisa diakses dengan telepon genggam saja. untuk itu kita harus menulis di blog, untuk blogger pemula memang awalnya akan sedikit yang membaca tulisan kita, namun sangat dibutuhkan ketekunan kita dalam menulis di blog. 

memang tidak mudah untuk menulis karena tidak semua orang menyukai menulis meskipun itu menulis tentang kehidupannya sehari-hari. untuk membangkitkan gairah kita dalam menulis maka kita harus perbanyak membaca, dengan baca membaca maka kita akan mendapatkan banyak ide dan banyak kosa kata untuk kita tuliskan dalam sebuah tulisan. dengan membaca nantinya kamu akan memahami lelucon dalam penggunaan tata bahasa, bahasa yang simple naun menarik sehingga para pembaca tulisan kita senang membaca tulisan-tulisan kita.

Blog adalah sebuah wadah online yang digunakan untuk menulis karya-karya kita yang akan kita Update setiap saat. Apakah itu tulisan keseharian kita, atau puisi, maupun tulisan-tulisan yang lainnya yang akan kita update. kita bisa melihat kabar teman di blog yang mereka punya, atau sebaliknya, dengan menjadi blogger kita harus rajin update tulisan-tulisan terbaru kita, semakin sering kita update maka akan semakin mengundang para pembaca di blog kita. pemilihan kata di blog tidak harus dormal bahkan banyak yang menggunakan kosa kata informal,  akan tetapi pilihlah sesuai gaya udiens kita dan sesuai style kita. 

Bagaiman agar kita bisa konsisten menulis di blog, konsistensi dalam menulis sangatlah penting dalam menulis suatu blog, karna kita memang diharuskan untuk sering update karya-karya kitta dengan menampilkan tulisan yang menarik dan juga gambar-gambar yang keren. agar kita bisa konsisten dalam memnulis  dan dikenal oleh Google baiknya lakukan dengan cara :
  1. Buat outline.  dengan adanya uotline kita bisa membuat arahan tulisan kita, sehingga kita bisa fokus sesuai dengan     apa yang akan kita tulis. 
  2. Mengembangkan gaya tulisan. mulailah menulis dengan mengembangkan gaya tulisan kita sesuai dengan audiens kita, buatlah gaya     tulisan semenarik mungkin sehingga pembaca senang membaca tulisan kita dan tertarik untuk  mengomentari tulisan kita.
  3. Konsisten update tulisan blog. Perlunya disiplin dalam menulis dan melakukan pembaharuan blog, sehingga blog kita bisa jadi  menarik bagi sipembaca, jangan malu-malu untuk menulis di blog, kita bebas menulis apasaja   asalkan pantas untuk kita update. 
  4. Buat Jadwal  buatlah jadwal kapan saja kita harus memposting di blog kita, postinglah hal-hal yang baru dan yang   lagi hits saat ini, karena pembaca tidak akan tertarik nantinya dengan hal-hal yang sudah lama.  usahakanlah memposting secara teratur, karna paman googlepun mungkin akan menyukai dengan  postingan yang terjadwal dan teratur.
  5. Perbanyaklah Membaca. Dengan banyak membaca, sama dengan kita menjelajah dunia tanpa batas, dengan membaca banyak  jendela ilmu yang bisa kita dapatkan, sehingga bisa menambah wawasan kita dalam apapun termasuk  menjadi penulis handal, tidak hanya itu kosa kata menarik dalam menulis bisa kita kembangkan.
  6. Bangun Komunitas Online. Pengikut kita biasanya memiliki kesamaan atau minat yang serupa dengan kita, sama-sama pecinta satu hal, misalnya suka tentang puisi, atau cerpen, maka buatlah sebuah komunitas sesuai dengan kesukaan. jangan lupa buat tautan balik ke  dalam blog yang berpartisipasi dalam komunitas. di  dalam blog cobalah mengelompokan postingan kita menjadi beberapa kontent, sehingga komunitas bisa tau konten apa yang akan di ikutinya, dan jika mereka tertarik lagi dengan konten yang lain, maka blog kita mendapatkan pembaca yang baru, dan tentunya Goolge semakin mengenal kita. 

Nah kita sudah tahukan bagaiman agar kita bisa dikenal Google, sehingga Google tahu kalau kita adalah Blogger terkenal, dengan rajin menulis, rajin update tulisan, yuk kita mulai menjadi blogger yang dikenal Google, salam sukses blogger terkenal. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts