Selasa, 24 Januari 2023

Writer’s Block

NARA SUMBER : DITTA WIDYA UTAMI, S.Pd., Gr

MODERATOR         : RALIYANTI, S.Sos., M.Pd

HARI / TANGGAL : SENIN / 23 Januari 2023


Writer’s Block


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Semakin kedepan rasanya saya semakin termotivasi, kenapa tidak disini banyak sekali orang-orang hebat penuh semangat, ditambah lagi karya-karya beliau memikat hati. sungguh sangat luar biasa. apalagi OmJay yang selalu memperhatikan kita dan memberi semangat yang luar biasa pada kita, memberikan jalan dalam setiap kesulitan yang kita temui, sungguh sangat luar biasa. 


Seperti yang di utarakan moderator kita ibu Raliyanti, S.Sos, M.Pd mensupport diri untuk terus menyelesaikan resume on time, saling blogwalking memberi semangat, dan apalagi ibu Rali mempunyai mimpi-mimpi. ditambah dengan kata-kata sakti OmJay Menulis setiap hari, dengan ini semua maka Writer’s Block akan menghilang.


Yup, writer’s block itu materi yang disampaikan oleh ibu kita yang cantik dengan karya-karyanya yang keren dan jadi motivasi bagi kita. beliau adalah bu Ditta Widya Utami, S.Pd., Gr., Seorang guru berprestasi dan sangat menginspirasi. beliau berbicara tentang siapa pun yang ingin menjadi penulis andal, maka harus siap dengan prosesnya. sama-sama kita ketahui seperti sering diucapkan sama orang-orang bahwa proses lah yang menentukan hasilnya, ini sama dengan yang diucapkan pemateri kita. karena semua proses harus kita jalani, baik prosesnya maka baik pula hasilnya.


seperti siswa kita saja, jika dia mengikuti proses yang baik dalam pembelajaran maka hasil yang diperoleh oleh siswa kita itu akan sangat baik, jika mereka mengikuti proses dengan sesuka hati maka hasil yang didapat itu juga tidak maksimal. begitu juga kita dalam membuat resume aja kita sesuka hati, kadang dibuat kadang datang writer's block nya maka jangankan dalam satu bulan menjadi sebuah buku satu tahun pun mungkin cuma judulnya saja. seperti ibu Ditta begitu banyak proses yang beliau lalui hingga saat ini menghasilkan banyak karya yang super keren. semua itu karena proses, jadi jika kita ingin sukses maka lalui dulu proses sehingga hasil karya kita juga bisa bagus-bagus dan dicari oleh para pembaca. aamiin semoga.


Banyaknya manfaat yang kita dapat dari menulis, ada yang menulis untuk mencurahkan isi hatinya, ada juga untuk membuat sebuah karya-karya, juga mereka menulis tentang penemuan-penemuan yang berharga, menulis sebagai curahan apa yang kita pikirkan seperti kita bercerita kepada sahabat terdekat kita, dengan menulis kita bisa mencurahkan semua yang ada dipikiran hingga perasaan kita jadi tenang dan plong. bisa jadi menulis sebagai obat stres, daripada kita ungkapkan pada seseorang lebih baik kita curahkan di tulisan aja. 


pada pertemuan ke-7 pada group KBMN ini buk Ditta bercerita tentang menulis yang merupakan kata kerja yang hasilnya bisa sangat beragam. Oleh karena itu tak hanya novelis, cerpenis, jurnalis atau blogger, namun ada juga copywriter yg tulisannya mengajak orang untuk membeli produk, ada content writer yang bertugas membuat tulisan profesional di website, ada script writer penulis naskah film/sinetron, ada ghost writer, technical writer, hingga UX writer, dll.

Faktanya, penulis-penulis tersebut masih bisa terserang virus WB alias Writer's Block. 



bagi seorang penulis apakah mereka penulis yang baru, atau penulis yang sudah mahir sekalipun pasti pernah mengalami writer’s block, tidak memandang apakah dia seorang jurnalistik, penulis cerpen ataupun penulis pemula semua akan diserang oleh writer’s block. maka dari itu seorang penulis sudah berkenalan dengan writer’s block dan terkadang menjadi bayangan bagi para penulis. bisa jadi seorang penulis stres karena tidak memiliki ide-ide untuk tulisannya. saya sendiri pun sering diserang oleh virus writer’s block padahal saya baru belajar jadi penulis, akan tetapi anti virus nya juga ada pada group KBMN ini maka virus writer's block itu tidak menyerang saya lama-lama. 



Writer’s block itu apa sih?

Writer’s block adalah dimana kondisi seorang penulis mengalami kesulitan (sementara atau permanen) untuk menuang ide-ide atau menuliskan sebuah kata-kata. Kondisi ini bisa saja terjadi kepada seorang penulis apakah  dia seorang penulis baru ataukah penulis yang sudah mahir sekalipun. Dan tidak menutup kemungkinan siapa saja yang bekerja di dunia kepenulisan bisa mengalaminya, misalnya: script writer, Jurnalis, Content Writer, ghost writer, technical writer,penulis novel, sastrawan, dan Copywriter.

Sederhananya, writer’s block adalah kondisi di mana seorang penulis yang biasanya terampil dan bisa menulis, lalu tiba-tiba merasa nggak bisa menulis. 

agar kita tidak terlalu lama mengidap virus WB maka kita harus tahu apa penyebab dari serangan WB. kalau kita sudah mengetahui penyebabnya maka kita akan bisa mencari solusi untuk membunuh virus WB tersebut. Lalu apa saja yang bisa jadi penyebab sehingga kita bisa  terserang virus WB.


  • Bisa saja karena kita terlalu perfeksionis sehingga kita merasa apa yang kita tulis tidak bagus karena kita memasang standar yang sangat tinggi dan tidak akan dibaca oleh orang atau malahan lebih parahnya kita merasa tidak ada yang berminat dengan tulisan kita, sehingga semua sia-sia atau takut gagal.

  • Perasaan takut juga bisa jadi penyebab terserangnya oleh virus WB, karena kita takut dikomentari dengan hal-hal yang tidak bagus, ditertawakan oleh teman, dan takut tulisan kita tidak dihargai.

  • Terlalu sibuk bisa membuat kita jadi terserang WB,karena kita tidak memiliki waktu untuk menulis, kadang stres dengan kerjaan, bisa juga kelelahan karena terlalu sibuk bekerja sehingga kita tidak memiliki waktu, ide ataupun semangat untuk menulis. jadi kita harus punya jadwal tersendiri untuk menulis agar bisa terhindar dari WB di saat-saat sibuk.

  • terlalu bising juga bisa membuat kita terserang WB, karena kita tidak bisa berpikir dengan tenang, tidak bisa mengeluarkan ide-ide yang akan kita tuliskan karena suara diluar sana lebih kuat powernya dari kekuatan konsentrasi otak kita. kita juga menjadi tidak rilex dengan suara bising di sekeliling kita. 


jika kita terserang WB maka cobalah untuk membaca buku yang bikin kita tenang, dengan membaca buku kita akan mendapatkan banyak ide dan tulisan-tulisan yang menari,  menulis apa saja yang lewat di pikiran kita, beralihlah ke tulisan atau topik lain yang lebih enteng untuk kita tulis, dan cobalah melakukan kegiatan lain selain menulis untuk sebentar, misalnya kita pergi jalan-jalan, nonton, lakukan hobi kita atau hal-hal yang menyenangkan sehingga merefresh otak kita. 


Bapak/ibuk yang hebat yuk kita tetap semangat menulis, kita singkirkan virus WB dengan tetap menulis, jangan pikirkan tulisan yang buruk ayo tetap semangat, jika dikritik jadikan sebagai penyemangat untuk kita lebih baik lagi, jika tidak dibaca kita saja yang membaca berulang-ulang biar kita bisa lebih menyempurnakan tulisan kita, jika mentok gak bisa dapat ide ayo kita perbanyak membaca buku lagi biar ide-idenya nongol seperti cendawan tumbuh. 




4 komentar:

  1. Judulx writer's block yaa.siaaap..👍
    https://lasendrada.blogspot.com/2023/01/mari-bahagia-menulis-sebuah-usaha.html

    BalasHapus

Popular Posts