Jumat, 17 Maret 2023

Menerbitkan Buku ber ISBN

NARA SUMBER : MUKMININ, M.Pd

MODERATOR         : MULIADI, M.Pd

HARI / TANGGAL : JUM’AT / 17 MARET 2023


Malam ini adalah malam terakhir kita mendapatkan materi belajar menulis dari pakarnya. Ada 30 pertemuan tak terasa kita lewati bersama. Ada yang blognya sudah penuh dengan resume dan karya-karya terbarunya menjadi buku yang bermutu. Tawarkan ke penerbit andi Yogyakarta, semoga disetujui. Bila ditolak atau merasa naskah bukunya belum layak jual, maka tawarkan ke penerbit indie. Dengan senang hati para penerbit itu akan menerimanya dengan tangan terbuka.

Ada awal ada akhir. Ada pembukaan dan ada penutupan. Semoga materi yang ke-30 ini memotivasi anda menjadi seorang penulis sekaligus penerbit buku yang sukses seperti bapak haji mukminin yang malam ini menjadi narasumber kita di KBMN PGRI Gel-28 pertemuan 30.


"Satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, tetapi satu tulisan bisa menembus ribuan dan bahkan jutaan kepala"

-Sayyid Qutb-


Tentulah yang dimaksud adalah bahwa pengaruh tulisan itu luar biasa besar dan luas. Lihat saja buku Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali, buku yang terbit lebih seribu tahun yang lalu itu hingga kini terus dibaca dan mempengaruhi orang.


Menerbitkan buku merupakan salah satu mata rantai dari aktivitas menulis. Tulisan yang tersimpan begitu saja, tidak diterbitkan tentu akan kurang pengaruhnya baik bagi diri si penulis maupun orang lain. Penulisnya tidak dikenal, sedangkan  ide dan gagasan si penulis pun tidak tersampaikan.


Menulis dan menerbitkan buku merupakan proses yang kompleks dan melibatkan beberapa tahapan. Berikut adalah beberapa tahapan dalam menulis dan menerbitkan buku:

  1. Penentuan Ide: Tahapan pertama adalah menentukan ide atau tema yang ingin dibahas dalam buku. Ini bisa didasarkan pada pengalaman pribadi, minat, atau keahlian tertentu.

  2. Penelitian: Setelah ide ditentukan, penulis perlu melakukan penelitian tentang topik yang akan dibahas dalam buku. Ini dapat melibatkan membaca buku dan artikel, mewawancarai ahli atau melakukan riset lainnya.

  3. Penulisan: Setelah penelitian selesai dilakukan, penulis mulai menulis buku dengan mengikuti struktur yang telah dipilih sebelumnya. Tahapan ini mungkin memakan waktu yang cukup lama, tergantung pada tingkat detail dan panjang buku.

  4. Revisi: Setelah selesai menulis, penulis melakukan revisi terhadap naskah dengan tujuan memperbaiki kesalahan tata bahasa, memperjelas maksud, atau menambahkan detail yang kurang.

  5. Pengeditan: Setelah revisi, naskah perlu diedit oleh seorang editor profesional untuk memastikan kesesuaian format, tata bahasa, dan kelengkapan informasi.

  6. Desain Sampul dan Layout: Setelah naskah diedit, perlu dirancang sampul dan layout buku agar terlihat menarik dan profesional.

  7. Penerbitan: Setelah selesai direvisi, diedit, dan dirancang sampulnya, buku akan diterbitkan. Ada dua cara dalam penerbitan, yaitu self-publishing atau melalui penerbit.

  8. Pemasaran: Setelah buku diterbitkan, penulis perlu melakukan pemasaran untuk menarik minat pembaca. Pemasaran bisa dilakukan dengan melakukan promosi online, mengadakan acara peluncuran buku, atau dengan cara lainnya.

  9. Distribusi: Setelah buku diterbitkan dan dipromosikan, penulis perlu mendistribusikan buku kepada pembaca. Hal ini dapat dilakukan dengan menjual buku di toko buku fisik atau online.

  10. Pengukuran keberhasilan: Setelah buku terbit, penulis dapat mengukur keberhasilannya dengan melihat jumlah penjualan, ulasan, dan tanggapan dari pembaca.


Setiap tahapan tersebut memerlukan waktu dan upaya yang berbeda, tergantung pada jenis buku yang ditulis dan cara penerbitannya


Penerbitan KAMILA PRESS LAMONGAN adalah penerbit Independen (penerbit Indie) yang banyak disukai melayani cetak buku, dengan jasa ISBN,  editing,  Layout, dan  design cover buku  dengan harga terjangkau. dengan persyaratan sebagai berikut : 

  1. Kirimkan naskah lengkap 

  • mulai judul, 

  • kata pengantar, 

  • daftar isi, naskah, 

  • daftar isi, 

  • daftar pustaka, 

  • biodata penulis dengan fotonya, dan synopsis.

  1. Ketik  A5 ukurannya 14,8 x 21 cm, spasi 1,15 ukuran fon 11 dan margin kanan 2 cm, kiri 2 cm, atas 2 cm dan bawah 2 cm. Gunakan huruf Arial, calibri atau  Cambria dan masukkan dalam 1 file kirim ke WA sy atau email gusmukminin@gmail.com


Syarat untuk mengajukan nomor buku ber-ISBN
  1. Sebuah penerbit buku harus memiliki Link yang berbayar
  2. Buku yang diajukan nomor ISBN nya harus dikirim lengkap ke Web Perpusnas (cover buku, permohonan ISBN ke Perpusnas oleh direktur penerbit, Surat pernyataan keaslian dengan materai 10.000 yang nantinya ditandatangani oleh penulis dan penerbit, naskah diberi watermark dalam bentuk PDF)






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts