Sabtu, 21 Januari 2023

MENULIS BUKU MAYOR DALAM 2 MINGGU

NARA SUMBER         : Prof. RICHARDUS EKO INDRAJIT

MODERATOR         : AAM NURHASANAH, S.Pd

HARI / TANGGAL : RABU / 18 Januari 2023



Sekitar jam 19.00, kelas daring Belajar Menulis Nusantara PGRI dibuka oleh ibu Aam Nurhasanah, S.Pd. Kali ini temanya adalah Menulis Buku Mayor dalam 2 Minggu. Pemateri atau narasumber adalah Prof. Richardus Eko Indrajid. Beliau didatangkan langsung oleh Omjay bersama tim solid Omjay dari penerbit Andi Yogyakarta.

Prof Eko itu panggilan akrab bapak Richardus Eko Indrajid, memang hobi menulis sejak dari Sekolah Dasar. Tulisan pertamanya dimuat di majalah pada saat beliau duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Karena saking senangnya tulisannya dimuat, hobby menulisnya malah makin menjadi-jadi. Setiap hari ada saja yang ditulisnya. Sudah beberapa buku diterbitkan oleh penerbit Mayor dan sebagian besar dari bukunya adalah best seller.

Sampai saat ini ada sekitar 121 judul buku yang sudah beredar di pasaran yang diterbitkan oleh penerbit Mayor. Selain menulis buku, beliau juga rajin menulis artikel. Kurang lebih 620 an artikel sudah diterbitkan baik itu dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Sekarang ini tujuannya menulis buku bukan lagi sekedar hobby, tetapi untuk berbagi. Ingin berbagi kepada setiap orang yang membutuhkan, mungkin berbagi cerita, berbagi ilmu, berbagi pengalaman.

Dalam paparan materi Prof Eko menyampaikan, “Kalau ingin menuliskan buku yang diterbitkan mayor, anda harus mengikuti KEBUTUHAN PASAR. Jadi kita menulis BUKAN UNTUK DIRI SENDIRI, tapi UNTUK ORANG LAIN.” Itulah bedanya kalau ingin menulis dan ingin diterbitkan di penerbit Mayor. Berbeda kalau ingin diterbitkan di penerbit indie, kita tidak perlu observasi pasar. Pada penerbit Indie memang kita yang membiayai sendiri, mulai dari percetakan sampai nanti kalau buku tersebut mau dipasarkan. Tetapi pada penerbit Mayor, kita hanya mendapatkan royalti saja. Kita tidak mau tau biaya mulai dari percetakan, biaya penggandaan atau cara pemasaran. Kalau buku kita best seller kita akan dibayar banyak sesuai dengan jumlahnya buku kita terjual.

Pada materi menulis buku Mayor dalam 2 Minggu ini, Prof Eko tidak memberikan banyak materi. Hanya selintas saja, akan tetapi beliau ingin langsung praktik, dan menantang guru-guru peserta KBMN G28 untuk bisa menulis buku dalam 2 Minggu. Akan tetapi tema atau judul nanti beliau yang akan memberikan. Keinginan beliau sebelum lebaran nanti, bukunya sudah dicetak. Beliau menganjurkan membuat WAG (Whatsapp Grup) dengan nama Januari Berseri, dan berpesan gabunglah ke dalam grup bagi yang betul-betul serius untuk menerbitkan buku.

Dari lebih kurang 1000 peserta KMBN G-28, ada 60 an peserta yang ingin ikut mencoba untuk menerima tantangan dari Prof. Eko. Semoga seluruh peserta yang akan mengikuti tantangan ini bisa berhasil semua. 

Pertemuan ini diakhiri dengan tanya jawab. Ada beberapa peserta yang menanyakan tentang bagaimana teknisnya dalam penulisan buku dalam 2 minggu, Prof. Eko nya menjawab, nanti akan dibahas di WA Grup. Sebelum jam 21.00 Sesi materi dengan tema Membuat BUku dalam 2 Minggu di tutup oleh bu Aam Nurhasanah. Dan dilanjutkan dengan bergabung dengan grup WA Januari Berseri yang akan dibimbing langsung oleh Prof Eko bersama bu Aam dan pak Luthfi.


6 komentar:

Popular Posts