Minggu, 19 Februari 2023

BUKU CERITA DIGITAL

BUKU CERITA DIGITAL

NARASUMBER            : NUR DWI YANTI,S.Pd
MODERATOR               : DAIL MA'RUF, M.Pd
HARI/TANGGAL          : SENIN / 13 FEBRUARI 2023


 
Assalamualikum wr. wb
Bismillahirohmanirrohim

Pertemuan yang ke 16 pada pelatihan menulis KBMN yang ke 28 malam ini sangat luar biasa dan berbeda, biasanya materi disampaikan lewat W.A Group, namun sekarang ada perubahaan dengan menggunakan zoom meeting, dengan pemateri kita bersama ibu  Nur Dwi Yanti, S.Pd dan bapak Dail Ma'ruf, M.Pd sebagai moderator. Dengan adanya materi buku cerita digital ini semoga menambah banyak ilmu kepada kita. dengan kegiatan digitalisasi ini kegiatan menulis ini menjadi pengembangan literasi menulis. 


Buku digital adalah salah satu buku bacaan yang hadir dalam bentuk soft copy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca dengan handphone, komputer atau media elektronik lainnya. Buku digital juga dikenal dengan e-book, adalah buku digital atau buku elektronik. buku yang berbentuk buku kertas dan akan diubah menjadi buku digital.


Fungsi buku digital sendiri

kita harus menggunakan hape, komputer, dan listrik.

1. Sebagai salah satu media belajar

2. Sebagai media berbagi informasi


Tujuan buku digital

1. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan mudah, menari dan interaktif

2. Melindungi informasi yang disampaikan

3. Mempermudah proses memahami materi ajar


Jika kita mengambil buku digital pada situs web, maka akan memerlukan kertas yang banyak untuk memprint, buku digital juga sangat mempermudah kita dalam menyimpan buku. 


Efisiensi Buku Digital

1. Lebih praktis

2. Lebih efisien

3. Dapat diakses dimana saja

4. Dapat disimpan dalam memori 

5. Kostumisasi, (kita bisa memaksimalkan tulisan sesuai dengan kebutuhan mata kita)


Jenis-jenis format buku digital

1. EPUB (Electronic Publication)

Suatu format yang didefinisikan, buku-buku yang berbasis html, pada perpustakaan digital yang digunakan untuk buku digital.

2. MOBI (MobiPocket)

Sudah bisa digunakan dimanapun, format yang digunakan PDA, apakah di handphone, komputer ,  flie-file ini jika kita ingin memnggunanaya harus minta akses, jika tidak buku akan terproteksi  karena     tidak semua     orang bisa membukanya

3. PDB (Palm Database File)

Format yang memuat buku digital yang memuat sistem operasi palm dok. kita bisa membuatnya  dengan cara yang paling sulit sampai yang paling mudah

4. PDF (Portable Document Format )

Sering kita gunakan karena konversinya sangat mudah, bentuk yang paling sering di gunakan oleh  masyarakat kita.

5. KF8 (Kinder File Format)

Hampir sama dengan Epub yang disusun dengan PDB  yang sering digunakan oleh perusahaan    raksasa, yang sering digunakan di luar negeri.


banyak sekali penerbit-penerbit yang sudah membuat buku digital, buku digital ada yang gratis maupun berbayar, semua tergantung fasilitas dari aplikasi  tersebut, banyak aplikasi buku digital yang ada pada google play. Kita bisa menggunakannya dengan mendownload aplikasi tersebut, ada aplikasi yang gratis dan juga ada yang berbayar.


Dalam buku digital selain tulisan kita juga bisa memasukan gambar, audio bahkan video.  banyak sekali aplikasi-aplikasi apakah itu gratis atau berbayar, ada ragam aplikasi video dan yang paling sederhana adalah video editor, aplikasi gratis yaitu canva. canva yang bersifat publikasi. kita tidak perlu menginstal aplikasi canva karena kita hanya perlu login lewat web saja. Banyak fasilitas yang disediakan canva baik presentasi yang nantinya juga bisa kita simpan ke Power point, atau pun membuat opening buku digital sampai dengan desain-desain, selain bagus untuk mendesain canva juga menyediakan icon-icon PNG yang bisa kita gunakan dengan mudah.


jika kita membuat aplikasi dengan flip book kita bisa membuat e-book dengan tombol-tombol, memasukan music, video bahkan bisa dicantumkan link youtube ataupun link web / blog kita. dengan flip book kita nanti bisa jadikan sebuah aplikasi kita sendiri, dengan icon aplikasi gambar yang kita inginkan.


Buku digital yang paling sederhana bisa kita buat dengan aplikasi Microsoft Power Point, gambar bisa kita import, apakah gambar kita buat lalu di photo, atau gambar dari hasil download. Dari power point kita bisa konversi  ke bentuk video atau presentasi yang nantinya bisa kita kirim ke siswa atau teman yang lain.


Dengan adanya buku digital, selain tampilannya lebih menarik, kita juga bisa mendengarkan suara dan menyaksikan video-video. kita juga bisa memasukkan link youtube atau halaman web. selain itu buku digital bisa membuat buku yang interaktif, yang bisa menjawab kuis / soal secara langsung. 


Ketika kita membuat buku digital sangat memerlukan kreatifitas kita agar buku yang kita buat menarik dan buat penasaran. kita bisa memasukkan tombol-tombol untuk beralih ke halaman berikutnya.  Membuat buku digital untuk mengembangkan pembelajaran, lebih aktual lagi dan lebih praktis sehingga tidak menjadi guru yang tertinggal atau kurang update. 


Dalam buku digital semua yang kita ambil dari web maka kita harus mencantumkan sumbernya, misalnya kita mengambil gambar dari internet, maka kita harus mencantumkan alamat nya, gambar yang bisa diambil dari internet kadang berbayar dan ada yang gratis. ada juga aplikasi yang gratis yang membuat foto kita sendiri berubah menjadi kamar komik.

Dapat disimpulkan buku digital adalah buku yang memiliki kemutakiran, sehingga para pembaca buku digital bisa mengakses dimana saja dan kapan saja, selain itu buku digital tidak membuat kita ribet dalam membawanya kemana saja, karena buku digital tersimpannya dalam sebuah memori elektronik.  Selain itu pada buku elektronik kita diberi kemudahan untuk mencari halaman buku atau isi buku dengan mudah dengan fasilitas search yang dimiliki aplikasi e-book.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts