Kamis, 12 Januari 2023

MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION

 NARA SUMBER         : Dra. SRI SUGIASTUTI, M.Pd

MODERATOR         : WIDYA SETIANINGSIH, S.Ag

HARI / TANGGAL : RABU / 11 Januari 2023



MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION


Assalamu'alaikum sobat semua

sebelum masuk kemateri menjadikan menulis sebagai passion saya sangat terkesima dengan puisi yang ada pada pembukaan materi disini yang berjudul dengan Sajak Tanpa Judul, saya juga suka meluahkan perasaan saya lewat sebuah puisi. dengan meluahkan segala isi hati dengan puisi saya merasa sangat plong, sepertinya kita sedang curhat pada sahabat yang benar-benar mengerti kita, yang setia mendengar ucapan kita. Puisi yang saya baca sangatlah indah, sehingga saya berulang kali membacanya belum juga puas.


disini saya mulai paham kenapa ibuk kita yang cantik sang Ratu Antologi ibuk Dra. Sri Sugiastuti, M.Pd menyebutkan bahwa jadikan menulis sebagai passion, karna memang dengan menulis setiap hari bisa membuat kita serasa menghirup udara segar, setiap kita pasti punya masalah apakah itu maslaah keluarga, anak, dengan pasangan, karir ataupun sahabat. maka kita cobalah menceritakan masalah yang kita punya lewat tulisan, dari satu sisi kita membuat hati kita menjadi tenang karna kita sudah mencurahkan semua perasaan dan pikiran kita pada sebuah tulisan, tanpa ada yang protes atau pun mengeluh dengan kita meski kita menulis apa saja.


tapi sobat semua cobalah kita menulis dengan hal-hal yang positif, jadikan masalah kita sebagai pengalaman bukan sebagai curhatan untuk aib pada diri kita, kita jadikan masalah kita dengan memberi solusi yang terbaik sehingga para pembaca yang memiliki masalah yang sama dengan kita akan mendapatkan jalan keluar dari maslaah yang dihadapinya dan akan menjadikan tulisan kita sebagai motivasi bagi mereka yang membaca.


jika menulis sudah jadi kebutuhan kita seperti udara yang kita hirup, maka kita akan merasa sangat butuh untuk menulis meskipun kita tidak memiliki masalah kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman yang baik untuk para pembaca tulisan kita. tanamkan keinginan yang kuat dalam diri kita untuk membuat sebuah tulisan yang bermanfaat untuk kita dan orang lain, jika keinginan sudah tertanam dalam diri kita disanalah kita akan menemukan passion dalam menulis.


seperti yang dituliskan oleh Bunda Kanjeng sang Ratu Antologi bahwa Passion atau renjana adalah satu gairah yang dimiliki semua orang. Bagaimana kita menjaga passion dan menyalurkannya menjadi sesuatu yang selalu ingin dan ingin lagi. Sehingga tidak pernah padam. Begitu juga dengan proses menulis. Ketika kita sudah menjadikan sebagai renjana, maka giat menulis tidak akan padam. Karena sudah menjadi kebutuhan bukan beban. Jadi ketika belum menulis ada sesuatu yang kurang.


niat menulis akan hidup dan akan menjadi passion kita jika kita suka membaca tulisan-tulisan orang lain, itulah awal untuk mengasah habby kita dalam menulis sehingga akan menerbitkan mata air dalam diri kita sehingga tulisan kita akan mengalir saja tanpa kita harus berfikir kersa dengan apa yang akan kita tulis, semuanya akan mengalir seperti air mengalir, ide-ide menulis itu akan muncul saja secara tiba-tiba dengan sendirinya.


saya juga baru mengikuti pelatihan menulis ini dan ini adalah tulisan saya yang kedua, dan saya merasa ini sangat menyenangkan, dibandingkan kita harus membahas masalah kita dengan orang lain, atau membahas masalah orang lain dengan teman kita yang nantinya menjadi gibah. jadi ayo kita mulai jadikan menulis ini sebagai passion kita. seperti kata moderator WE Can It Teman-Teman.

5 komentar:

  1. Keren dan tetap semangat menulis :
    https://lidya56244.blogspot.com/2023/01/pertemuan-ke-2-menjadikan-menulis-menjadi passion hebat.

    BalasHapus
  2. terimakasih pak, tularkan semangat menulisnya pada saya ya pak. biar hebat seperti bapak.

    BalasHapus

Popular Posts